Review Buku Tentang Kamu

Diposting pada

Saat membaca novel “Tentang Kamu” karya Tere Liye, saya merasa seolah dihadapkan pada perjalanan hidup yang mengharukan. Setiap kata dalam novel ini mengalir begitu menyentuh, membawa saya melintasi liku-liku hidup seorang tokoh utama yang begitu penuh ketabahan, Sri Ningsih.

Kehidupan Sri Ningsih mengajarkan saya banyak hal tentang arti sebenarnya dari ketahanan dan keteguhan hati. Mulai dari masa kanak-kanak hingga ajal menjemputnya, setiap cobaan dan kesedihan yang dia alami tidak pernah membuatnya menyerah. Bahkan, dalam kehidupannya yang penuh rintangan, ia tetap menemukan kekuatan untuk tersenyum dan terus berjuang.

Saat Zaman Zulkarnain, seorang pengacara muda, ditugaskan untuk menyelidiki harta warisan Sri Ningsih, saya seperti diajak berkeliling ke berbagai tempat yang pernah diinjak oleh Sri. Dari London hingga Pulau Bungin di Sumbawa, setiap jejak yang diikuti oleh Zaman membuka lapisan demi lapisan kisah hidup Sri Ningsih.

Melalui cerita ini, saya belajar bahwa kemalangan tidak mengenal waktu. Sri Ningsih telah mengalami pukulan hidup sejak kecil, mulai dari kehilangan orang tua hingga penyiksaan oleh ibu tirinya. Namun, meskipun begitu, dia tetap tegar dan tidak membiarkan keadaan meruntuhkannya.

Sri Ningsih adalah gambaran nyata dari seorang perempuan yang mandiri dan kuat. Meskipun hidupnya penuh dengan aturan dan ekspektasi sosial yang membatasi, ia tetap berani mengejar impian dan meraih kesuksesan. Kisahnya memberi saya inspirasi bahwa perempuan memiliki hak untuk menentukan arah hidupnya sendiri, tanpa harus terikat oleh norma-norma yang menghambat.

Alur campuran dalam novel ini terkadang membuat saya sedikit kebingungan, tetapi Tere Liye berhasil menuliskannya dengan baik sehingga saya tidak kehilangan arah cerita. Dan meskipun ada kekurangan dalam penggambaran masa PKI, kisah Sri Ningsih tetap berhasil menarik saya ke dalamnya.

Tere Liye, atau Darwis, merupakan penulis yang karya-karyanya selalu mampu menghadirkan kedalaman emosi dan pemikiran. Lahir dan besar di pedalaman Sumatra, latar belakangnya memberikan warna tersendiri pada tulisan-tulisannya. Dengan novel-novelnya yang penuh makna seperti “Tentang Kamu,” ia telah membuktikan diri sebagai salah satu penulis terkemuka di Indonesia, dan karyanya selalu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang.

Gambar Gravatar
Mencoba menjadi yang terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *